Experience Islam in The West: The Art & Science of Living Islam (Part 2)

dimuat di The Urban Muslimah, 26 Maret 2012

Minggu lalu, saya sudah share sedikit kuliah dari Shaykh Alauddin Elbakri, seorang pendakwah dan pemimpin komunitas Muslim dari Saratoga (Silicon Valley), AS. Sebenarnya banyak cerita seru dan menarik lain yang di-share oleh Shaykh Ala. Salah satu yang paling berkesan adalah tentang tamu bertato. Suatu hari, ada motor gede Harley Davidson tiba-tiba parkir di depan masjid Saratoga. Pengendaranya berbadan kekar dan tatonya full dari ujung kepala sampai ujung kaki! Semula, Syakh Ala mengira orang berpenampilan sangar ini mau numpang memakai toilet masjid. Eh ternyata, dia malah masuk ke mesjid dan menyapa Syakh Ala, “Assalamu’alaikum!”

Haaah… Si manusia bertato ternyata saudara se-Islam!

Cerita serupa pernah terjadi di jaman Rasulullah SAW. Sebelum Umar bin Khattab masuk Islam, Rasulullah (SAW) pernah berkata bahwa keledai Umar akan masuk Islam lebih dulu dibandingkan Umar. Kata-kata ini untuk menggambarkan betapa terasa mustahilnya Umar bin Khattab masuk Islam saat itu. Seperti yang kita ketahui, Umar bukan saja kemudian masuk Islam, tetapi juga menjadi pejuang Islam dan salah satu khalifah. Hikmah yang bisa ditarik dari kedua cerita ini adalah: Allah Maha mengetuk hati manusia. Jadi, jangan mudah men-judge seseorang.

Selanjutnya saya mau sharing pengalamannya Peter Gould. Di Australia, Peter dikenal sebagai seorang desainer grafis dan digital artist. Peter lahir dan besar di keluarga sekuler yang tidak terlalu peduli pada urusan-urusan religi. Semasahigh school dan kuliah, Peter tertarik dengan kehidupan teman-teman muslimnya, yang menurutnya memancarkan inner happiness.Selama beberapa tahun Peter mempelajari Islam, hingga akhirnya di bulan Ramadhan tahun 2002 ia pun mengucapkan dua kalimat syahadat. Dua bulan setelah itu, Peter menikah dengan sahabat SMA-nya yang memperkenalkannya pada Islam (…jangan patah hati ya UMers🙂 ).

Setelah menjadi seorang Muslim, Peter sempat mengalami masa-masa galau dengan profesinya. Sebagai seorang desainer grafis di dunia periklanan, Peter seringkali diminta untuk mengerjakan proyek-proyek desain yang tidak sejalan dengan keyakinan barunya, seperti mendesain iklan untuk minuman beralkohol, iklan-iklan yang ‘menjual’ wanita, dan sebagainya. Hal ini membuat Peter penasaran untuk belajar lebih jauh: bagaimana sebenarnya pandangan Islam tentang desain, seni, dan kreativitas?

Untuk mencari jawaban dari pertanyaannya, Peter lalu traveling ke berbagai negara muslim : Maroko, Turki, Saudi Arabia, dan lainnya. Dari perjalanannya, Peter melihat betapa beragamnya seni Islam yang ada di dunia dan bagaimana keindahan seni dapat mengetuk hati umat alias digunakan untuk berdakwah. Sebagai contoh, UMers tahu nggak kalau Taj Mahal di India dan istana Alhambra di Spanyol sebenarnya adalah warisan seni arsitektur Islam? Hingga kini, jutaan turis datang dari seluruh penjuru dunia untuk mengagumi dua situs tersebut.

Dari Peter Gould, saya mengambil pelajaran bahwa jika kita menggunakan bakat yang Allah berikan untuk berkarya di jalan-Nya, Ia akan memudahkan jalan untuk kita dan membalasnya dengan berlipat ganda. Peter Gould dapat berkarya dengan istiqamahdi dunia advertising & creative design yang glamor, penuh godaan materi, kompetitif, serta di negara yang mayoritas penduduknya non-muslim pula. Bagaimana dengan kita?

Lebih lengkap tentang Peter Gould & karya-karyanya, silahkan UMers mengunjungi www.peter-gould.com.

Masih ada satu bagian dan satu tokoh inspirasional lagi dari seri Experience Islam in the West ini. Tungguin ya, UMers🙂

(sumber foto & video : http://www.peter-gould.com)

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: