5 Tips Sukses Membangun Toko Online

(Catatan: silakan copas atau re-post tulisan ini, tapi tolong backlink/cantumkan sumber dari blog ini yaa..)

Semakin banyak orang kini membuka toko berbasis Internet atau seringkali disebut juga dengan toko online (online store). Keunggulan utama membuka toko online adalah dengan modal yang relatif minim, bahkan nyaris nol, Anda dapat menjaring basis customer yang seluas-luasnya melalui media Internet. Selain itu, mendirikan toko online juga jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan membangun bangunan toko offline. Munculnya platform CMS dan blog memungkinkan siapapun dapat membangun toko online sendiri tanpa bantuan programmer atau harus memahami bahasa pemrograman komputer. Belakangan, bahkan banyak orang yang memanfaatkan media Facebook sebagai media toko online. Singkatnya, siapapun Anda, dengan hanya bermodal koneksi Internet, pasti dapat mendirikan toko online.

Namun, karena amat mudahnya memasuki kancah usaha online, kompetisi antar toko online pun amat tinggi. Jika Anda berniat atau sedang menjalankan sebuah toko online, beberapa hal berikut sebaiknya menjadi perhatian Anda agar toko online yang Anda jalankan memiliki peluang yang baik untuk sukses dan bertahan lama.

1. Fokus pada segmen pasar atau segmen produk tertentu
Studi empiris baik di Indonesia maupun di luar negeri menunjukkan bahwa toko-toko online yang sukses dan bertahan lama adalah toko-toko online yang berfokus menyediakan produk dan jasa untuk kelompok pelanggan tertentu atau berfokus pada jenis produk tertentu yang sulit ditemui di tempat lain. Dengan kata lain, toko-toko online tersebut menciptakan pembeda atau diferensiasi. Diferensiasi amat penting bagi bisnis apapun. Di dunia online di mana toko Anda bersaing dengan ribuan bahkan jutaan toko lainnya, diferensiasi adalah satu-satunya cara untuk bertahan.

2. Pastikan situs Anda ramah pengguna (user-friendly)
Salah satu kesalahan yang saya amati paling sering dilakukan oleh pebisnis online pemula adalah kurang memperhatikan faktor kemudahan pengguna (user- friendliness). Kesalahan ini sering terlihat dalam tampilan website yang kurang nyaman di mata, foto produk yang kurang besar atau kurang jelas (blur), keterangan produk yang kurang lengkap, informasi pembayaran atau pengiriman yang sulit ditemukan, serta shopping cart yang bertele-tele atau tidak berjalan lancar. Jika toko online Anda kurang ‘ramah’, bagaimana mungkin orang mau bertransaksi dengan Anda?

3. Pelajari hal-hal yang terkait dengan online marketing
Jika Anda sudah memutuskan untuk berbisnis secara online, mau tidak mau Anda harus membekali diri Anda dengan ilmu pemasaran online atau online marketing. Ilmu ini bisa Anda peroleh secara cuma-cuma dengan cara “googling” di Internet atau melalui berbagai kursus serta pelatihan yang kini banyak bermunculan. Apapun pilihan Anda, untuk meraih kesuksesan di dunia maya Anda harus mengakrabkan diri dengan istilah-istilah seperti hits, search engine optimization (SEO), clickthrough rates (CTR), cost-per-click (CPC), dan lain sebagainya.

4. Manfaatkan media jejaring sosial secara bijak
Sesuai namanya, jejaring sosial (social network) semacam Facebook dan Twitter layaknya digunakan untuk menciptakan jejaring (network). Jika Anda hanya memanfaatkan kehadiran Anda di jejaring sosial hanya untuk mempromosikan dagangan Anda, Anda mungkin akan mendapatkan satu-dua pelanggan dengan cara ini, tetapi lama kelamaan status atau tweet Anda hanya akan menjadi pengganggu (noise), tak ubahnya seperti hiruk pikuk di pasar: lewat begitu saja tanpa meninggalkan kesan. Lebih parah lagi, kehadiran Anda bisa dianggap tak ada bedanya dengan spam atau junk mail, sehingga orang lain akan lebih memilih untuk memblokir, unlike atau unfollow Anda daripada merasa terganggu. Nah lho!

Jejaring Anda akan jauh lebih menghargai kehadiran Anda jika status atau tweet Anda berisikan informasi yang bermanfaat bagi mereka. Sesekali, Anda dapat mengaitkan informasi yang Anda berikan secara langsung atau tidak langsung dengan dagangan Anda, atau disebut juga dengan soft-selling. Sebagai contoh, jika Anda menjadi pengikut sabun Lux di twitter dan facebook, secara rutin Anda akan mendapatkan aneka tips seputar kecantikan. Lain halnya jika Anda menjadi bagian dari jejaring Sour Sally Frozen Yogurt, Anda akan mendapatkan aneka joke yang mengundang senyum.
5. Ciptakan komunitas setia
Di dunia maya, orang dapat beralih dari bisnis Anda semudah menggerakkan jari-dalam arti sesungguhnya. Jika Anda ingin usaha Anda bertahan lama, Anda harus membina hubungan baik dengan para pelanggan dan calon pelanggan Anda, atau dalam dunia pemasaran disebut juga dengan memperpanjang customer lifetime value. Semakin panjang masa hubungan Anda dengan seorang pelanggan, semakin besar potensi nilai transaksi yang dapat Anda hasilkan dengannya.

Selain melalui jejaring sosial, Anda dapat membina hubungan baik dengan para customer Anda dengan cara menciptakan komunitas online yang menjadi wadah bagi customer Anda yang memiliki minat sama untuk saling berbagi informasi. Misalnya, jika toko online Anda menjual aneka helm, Anda dapat membuat forum penggemar kendaraan roda dua. Jika toko online Anda menjual aneka pernak-pernik balita, Anda dapat memulai blog atau forum terkait pendidikan anak. Terciptanya hubungan melalui suatu komunitas akan mengubah dinamika hubungan Anda dan customer Anda dari sekedar hubungan transaksional antara penjual dan pembeli menjadi lebih mendalam dan emosional.

Setelah membaca kelima tips di atas, mungkin Anda kini berpikir bahwa menjalankan usaha online tidak semudah yang Anda bayangkan sebelumnya. Faktanya, tidak ada kesuksesan yang dapat dicapai secara instan. Usaha apapun, baik online maupun offline, membutuhkan ilmu, waktu dan kerja keras agar memberikan hasil yang memuaskan. Jangan menyerah, saya doakan semoga Anda sukses dalam perjalanan Anda berwirausaha!

Tags: , , , , , , ,

3 responses to “5 Tips Sukses Membangun Toko Online”

  1. mrtotoxfromsolo says :

    kalimat2 akhir tuh perlu digaris bawahi…sma saja online atau offline…tetap butuh yg namnaya ilmu dan kerja keras…mantap gan:)

    gamis

  2. Toko Online Pakaian Wanita says :

    ternyata banyak juga tips untuk memulai usaha toko online ya. Semoga dengan adanya tips ini bisa membantu para pengusaha toko online sehingga usahanya bisa terus berkembang.

  3. Afia says :

    Terima kasih sudah mampir dan membaca🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: