Rahasia Beasiswa: Personal Essay

Saya akan beri tahu Anda satu rahasia memikat beasiswa luar negeri yang tidak diketahui banyak orang.

Siap? Dengarkan (atau baca) baik-baik:

Rahasianya adalah menulis personal essay yang sebaik-baiknya.

Apa sih personal essay itu?

Personal essay adalah esai atau tulisan yang menggambarkan diri Anda. Rata-rata aplikasi beasiswa ke luar negeri mensyaratkan personal essay. Personal essay sangat penting karena apa yang tertulis di sana mewakili diri Anda di mata penerima aplikasi beasiswa. Personal essay yang baik akan membedakan diri Anda dengan ratusan atau bahkan ribuan pendaftar beasiswa lainnya.

Sebagai ilustrasi bagaimana pentingnya personal essay, saya akan sharing pengalaman saya waktu mendaftar kuliah S1 di Syracuse University (SU). Waktu itu saya sudah mengirimkan sebagian besar syarat aplikasi termasuk personal essay. Satu-satunya yang belum saya kirim adalah hasil tes TOEFL karena saya belum sempat mengikuti tes tersebut. Eh, tahu-tahu ada pemberitahuan dari SU bahwa saya sudah diterima, dan dapat beasiswa pula. Saya heran, kok bisa saya diterima padahal belum mengirimkan nilai tes TOEFL. Ternyata menurut pihak SU, mereka kira saya sudah kirim hasil TOEFL, tapi terselip di kantor mereka. Karena mereka menilai bahasa Inggris saya di dalam personal essay sangat baik, maka mereka merasa tidak perlu lagi melihat skor TOEFL saya. Alhamdulillah.. Hehehe.

Pentingnya personal essay juga dirasakan oleh sepupu saya yang sekarang kuliah di Melbourne atas beasiswa Departemen Luar Negeri (Deplu). Untuk mengedit personal essay-nya, ia minta bantuan pada seorang teman, warga AS yang jago menulis dan langganan dapat beasiswa. Hasilnya, dari semua pendaftar di Deplu, sepupu saya adalah satu-satunya pendaftar yang diterima di semua universitas tempat ia mendaftar.

Jadi, kebayang kan pentingnya personal essay?

Kalau Anda saat ini sedang mempersiapkan personal essay untuk aplikasi beasiswa Anda, saya bersedia membantu. Tentu saja bukan membantu menuliskan, tapi mungkin sekedar memberi saran perbaikan. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar atau tegur saya di twitter @ umabintang.

4 responses to “Rahasia Beasiswa: Personal Essay”

  1. ika says :

    wah..kebetulan mau tanya2 soal personal essay utk beasiswa nih mba..blh mnta almt emailnya ga? thanks before..

  2. Faheem says :

    kalo minta alamat e-mail bisa?

  3. dita paramita says :

    Mohon bantuannya untuk menulis personal essay untuk mendapatkan beasiswa dari linne universitetet, Sweden. Apa saya bisa minta alamat email anda ? Terima kasih sebelumnya

    • Afia says :

      Silakan email ke afia (dot) fitriati (at) gmail.com.

      Mohon dicatat: saya bisa bantu mengedit atau memberi masukan esai yang sudah ditulis. *Bukan* menuliskan esai dari nol🙂

Leave a Reply

