Serial Baru: Tips Memperoleh Beasiswa

Semula terpikir oleh saya untuk membuat pelatihan tentang topik ini. Pasti banyak yang mau membayar. Tapi setelah saya pikir-pikir lagi, tabungan pahala saya masih amat minim. Jadi akhirnya saya putuskan, ‘ilmu’ ini saya tulis di blog saja deh, supaya lebih banyak orang yang dapat memperoleh manfaatnya. Semoga memberikan setitik sumbangsih bagi pendidikan Indonesia dan menjadi tabungan amal yang mengalir terus buat penulisnya. Amiin🙂

Sebagai catatan, tips-tips dalam seri beasiswa ini ditulis berdasarkan pengalaman saya mendapatkan 3 beasiswa ke 3 negara: Syracuse Univ. di Amerika Serikat, International Univ. Of Japan (IUJ) di Jepang, dan Nanyang Technological Univ. (NTU) di Singapura. Jadi bisa dibilang, tips-tips ini sudah tried and true🙂.

Sebelum kita mulai, ada beberapa hal yang saya ingin Anda ketahui:

1. Peluang beasiswa yang ada di luar sana banyaaaak sekali, jauh lebih banyak dari perkiraan Anda. Jadi kalau Anda pernah 1-2 kali ditolak, jangan menyerah. Masih banyak peluang lain menanti Anda.

2. Beasiswa dibuat untuk kandidat yang tepat. Saya ulangi lagi, beasiswa dibuat untuk kandidat yang tepat. Artinya, Anda nggak harus jadi orang super pintar untuk dapat beasiswa. Kalau Anda sekarang sedang serius membaca tulisan ini, itu artinya Anda punya kecerdasan yang cukup baik dan ‘drive’ belajar yang cukup tinggi untuk mendapatkan beasiswa. Selama aplikasi/proposal beasiswa Anda sudah memenuhi syarat (tenang, nanti saya bahas tips-tipsnya :)), masalahnya adalah tinggal menemukan beasiswa yang tepat bagi profil Anda.

Semangat? Harus. Dengan seijin-Nya, Anda pun bisa kok mengejar impian Anda studi ke luar negeri. Dalam tulisan berikutnya, saya akan mulai membahas beberapa tips penting untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Ikuti terus ya!

Tags: , ,

2 responses to “Serial Baru: Tips Memperoleh Beasiswa”

  1. Echa vebliiyanti says :

    Terimakasih atas tips.y. Sangat menakjubkan. Saya juga ingin memperoleh beasiswa seperti anda tapi kemampuan Bhs.INGGRIS sy sangat kurang. Bagaimana menurut anda?
    Dan 1 hal lg mbak. Sy ini siswi SMA jd bgmana cra.y sy mendapatkan beasiswa untuk kuliah ? Makasih:-)

  2. Afia says :

    Echa yang baik, terima kasih komentarnya. Orang tua Echa pasti bangga mengetahui semangat anaknya menuntut ilmu🙂 Saya akan membahas tentang kemampuan bahasa Inggris secara lebih detil di posting saya yang akan datang, tetapi jawaban singkatnya seperti ini: untuk mendapatkan beasiswa di dalam negeri, bahasa Inggris yang lancar tidak mutlak diperlukan, sedangkan untuk beasiswa ke luar negeri, kemampuan bahasa Inggris yang baik bisa dibilang wajib. Untuk penjelasan yang lebih detil, ikuti terus blog ini ya!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: