“Reshuffle” Tema Pariwisata Indonesia

Berkenaan dengan reshuffle kabinet yang baru saja terjadi, saya berharap agar menteri pariwisata yang baru mengubah tema pariwisata Indonesia yang sekarang berbunyi “Wonderful Indonesia”.

Lho, apa yang salah? Indonesia kan memang wonderful?

Yang salah adalah tema tersebut masuk dalam perangkap “overpromising”.”Overpromising” alias janji berlebihan adalah hal yang harus dihindari saat membangun sebuah brand. Kalau hanya bisa memberi 7, jangan janjikan 10. Customer akan kecewa dan kemungkinan besar tidak akan kembali lagi.

Indonesia memang wonderful (mengagumkan)–di mata kita, orang Indonesia yang telah mengenal negeri ini. Tapi apakah Indonesia juga wonderful di mata para calon turis yang belum pernah datang kemari?

Bayangkan Anda adalah seorang turis yang baru saja tiba di Indonesia.

Apakah bandara yang menyambut kedatangan Anda sudah wonderful, atau masih suram dan inefisien?
Apakah perjalanan Anda dari bandara ke hotel wonderful, alias lancar dan bebas macet? Apakah Anda dapat berkeliling kota dengan mudah?
Apakah fasilitas umum yang Anda temui sudah masuk kategori wonderful?

Kalau jawaban untuk sebagian besar pertanyaan di atas masih “Tidak”, itu berarti kita overpromising atau janji berlebihan pada para calon turis jika kita menggunakan slogan “Wonderful Indonesia”.

Slogan pariwisata India (“Incredible India”) dan Malaysia (“Truly Asia”) tidak memiliki masalah overpromising karena janji yang terkandung di dalam slogan-slogan tersebut kemungkinan besar masih dapat ter-deliver meskipun situasi yang terjadi tidak terlalu positif.

Kalau seorang turis masuk ke toilet di India dan toiletnya amat kotor, itu masih masuk kategori incredible (sulit dipercaya). Kalau seorang wisatawan kecopetan di Kuala Lumpur, well, that’s truly Asia (benar-benar Asia)!

Pemilihan kata dalam bahasa Inggris memang perlu dilakukan dengan cermat, karena kata-kata dalam bahasa Inggris yang sepintas tak jauh beda bisa saja mengandung nuansa makna yang berbeda.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: